5.Diklat

BAB V – PENDIDIKAN DAN PELATIHAN.

Untuk dapat melakukan pencegahan dan pengendalian infeksi dibutuhkan pendidikan dan pelatihan baik terhadap seluruh SDM fasilitas pelayanan kesehatan maupun pengunjung dan keluarga pasien. Bentuk pendidikan dan/atau pelatihan pencegahan dan pengendalian infeksi terdiri dari:

  1. Komunikasi, informasi, dan edukasi
  2. Pelatihan PPI.

Pendidikan dan pelatihan pencegahan dan pengendalian infeksi diberikan oleh pemerintah, pemerintah daerah, dan/atau organisasi profesi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, serta petugas fasilitas pelayanan kesehatan yang memiliki kompetensi di bidang PPI, termasuk Komite atau Tim PPI. Pendidikan dan pelatihan bagi Komite atau Tim PPI dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Wajib mengikuti pendidikan danpelatihan dasardanlanjut serta pengembangan pengetahuan PPI lainnya.
  2. Memiliki sertifikat yang dikeluarkan oleh lembaga pelatihan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.
  3. Mengembangkan diri dengan mengikuti seminar, lokakarya dan sejenisnya.
  4. Mengikuti bimbingan teknis secara berkesinambungan.
  5. Perawat PPI pada Komite atau Tim PPI (Infection Prevention and ControlNurse/IPCN) harus mendapatkan tambahan pelatihan khusus IPCN pelatihan tingkat lanjut.
  6. Infection Prevention and Control Link Nurse/IPCLN harus mendapatkantambahan pelatihan PPI tingkat lanjut.

Pendidikan  dan  pelatihan  bagi  Staf  Fasilitas  Pelayanan  Kesehatan dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Semua staf pelayanan di fasilitas pelayanan kesehatan harus mengetahui prinsip-prinsip PPI antara lain melalui pelatihan PPI tingkat dasar.
  2. Semua staf non pelayanan di fasilitas pelayanan kesehatan harus dilatih dan mampu melakukan upaya pencegahan infeksi meliputi hand hygiene, etika batuk, penanganan limbah, APD (masker dan sarung tangan) yang sesuai.
  3. Semua karyawan baru, mahasiswa, PPDS harus mendapatkan orientasi PPI.

 

Pendidikan bagi Pengunjung dan keluarga pasien berupa komunikasi, informasi, dan tentang PPI terkait penyakit yang dapat menular.