TELUSUR SISTEM MANAJEMEN DATA

BIDANG DIKLAT KARS Oleh : dr. LUWIHARSIH

Slide 1 : METODOLOGI TELUSUR
Merupakan metodologi yang dipergunakan KARS untuk melakukan survei on-site dng standar akreditasi versi 2012

Melalui telusur diharapkan :

  •  dapat diikuti kejadian yg dialami pasien selama ia berada dalam seluruh proses pelayanan di RS.
  • dapat dilakukan identifikasi satu atau lebih masalah dari proses pelayanan pasien atau masalah diantara proses.

 

Slide 2 : MENGAPA TELUSUR ?
RS adalah organisasi yg kompleks, ? banyak sistem dan sub sistem di RS yg bisa saling terkait.
Telusur :

  • cara yg efektif utk mempelajari sistem yg kompleks tsb.
  • dapat mengidentifikasi kekurangan atau ketidaksempurnaan dalam sistem,
  • dapat mengetahui bagaimana melakukan koreksi kesalahan yg mungkin bisa mengakibatkan cedera pada pasien.

 

Slide 3 : TIPE TELUSUR
Ada dua tipe telusur :
1. Telusur Pasien : mengikuti alur pengobatan individu pasien dalam rumah sakit.
2. Telusur Sistem : mengiikuti proses di dalam RS mulai dari  permulaan sampai akhir.

 

Slide 4 :  HASIL DARI TELUSUR

•Review yg terintegrasi & cross sectional di area yg pada umumnya kritis utk mutu & KP
•Dapat untuk melakukan analisa pemenuhan standar yg berfokus ke pasien
•Informasi spesifik dari RS tsb dapat digunakan merancang/mendesign mutu dan sasaran peningkatan.
Slide 5 : TELUSUR SISTEM MANAJEMEN
Slide 6 : Tujuan umum 

Untuk mengetahui bagaimana kegiatan di RS dalam pemilihan, pengumpulan, analisa, validasi data di lakukan

Slide 7 : Tujuan Khusus
1. Melakukan evaluasi efektifitas  :
  • Pengumpulan & analisa data dlm program PMKP.
  • Implementasi validasi program PMKP
  • Review analysis  dng  menggunakan data indikator.
  • Peningkatan mutu pelayanan & keselamatan pasien.

Lihat : PMKP 3; 3,1;3,2;,3,3; 4;5;6;7;8.2. Untuk mengetahui bagaimana proses pengelolaan data : (Slide 8)

  • Pengumpulan
  • Validasi
  • Analisis
  • Penggunaan untuk proses peningkatan
  • Penggunaan terus menerus untuk peningkatan

 

Slide (10) : Data Apa yang di Telusur

  • Hasil audit clinical pathway (PMKP 2.1)
  • Indikator 11 area klinis (PMKP 3.1, EP 1)
  • Indikator International Library (PMKP 3.1 EP 2) : utk akreditasi I hanya dilihat perencanaannya, utk akreditasi yg ke II baru dilakukan telusur data
  • Indikator 9 area manajemen (PMKP 3.2)
  • Indikator 6 Sasaran Keselamatan (PMKP 3.3) (Slide 11)
  • Insiden Keselamatan Pasien : Sentinel, KTD, KNC. (PMKP 6, 7, 8)
  • Data surveilance PPI  à PPI 6
  • Data dari Bab MPO à KNC, KTD dan sentinel. (MPO 7.1)
  • Data hasil analisis kinerja unit
  • Data hasil analisis kinerja perorangan (slide 12)

 

RANCANGAN PROSES KLINIS DAN MANAJERIAL

Standar PMKP.2.1.

Pedoman praktek klinis dan clinical pathway dan atau protokol klinis digunakan sebagai pedoman dalam memberikan asuhan klinis

Elemen Penilaian PMKP.2.1.

  1. Setiap tahun pimpinan menentukan paling sedikit lima area prioritas dengan fokus penggunaan pedoman klinis, clinical pathways dan/atau protokol klinis ; PPK & 5 clinical pathway
  2. RS dlm melaks. pedoman praktek klinis, clinical pathways dan/atau protokol klinis melaks. proses  a) sp h) dlm Maksud & Tujuan
  3. RS melaksanakan pedoman klinis & clinical pathways atau protokol klinis di setiap area prioritas yg ditetapkan ; Implementasi di RM
  4. Pimpinan klinis dapat menunjukkan bagaimana penggunaan pedoman klinis, clinical pathways dan atau protokol klinis telah mengurangi adanya variasi dari proses dan hasil (outcomes) ;  AUDIT CLINICAL PATHWAY

 


Powerpoint Lengkap lihat disini !