Teknik Wawancara – dr. Sutoto

POKOK –POKOK WAWANCARA DALAM AKREDITASI
  • »WAWANCARA MERUPAKAN KETRAMPILAN YG HARUS DIMILIKI OLEH SELURUH SURVEIOR à SURVEIOR HARUS  MELATIH TERUS DIRI
  • »ETIKA WAWANCARA HARUS SELALU MELEKAT PADA SEORANG SURVEIOR SAAT WAWANCARA
  • »TERDAPAT TEKNIK WAWANCARA YG DIHARUSKAN DIPAKAI DAN YG TIDAK SEHARUSNYA DIPAKAI
  • »DALAM WAWANCARA AKREDITASI SUPAYA BERPEGANG PADA STANDAR  – “STICK TO STANDARD”
  • »WAWANCARA TIDAK BOLEH MENYEBABKAN “HURT FEELING”

»ETIKA WAWANCARA
  • Perhatikan penampilan
  • Perkenalkan diri kepada narasumber/subyek à minta ijin (kepada pasien)
  • Hindaripertanyaan yang sifatnyamenggurui, à contoh: cara itu salah  harusnya begini lho
  • Dengarkandenganbaikjawaban yang disampaikan narasumber. Boleh menyela apabila narasumber lari dari topik wawancara
  • Mengajukan pertanyaan baru yang muncul dari penjelasan narasumber (drill down) harap hati hati jangan sampai terkesan mencecar
  • Pertanyaantidakbersifatinterogatifatau terkesan memojokkan subyek, sehingga menjadikan subyek  seperti terdakwa atau seperti orang bodoh
  • Usai wawancara, sampaikan ucapan terima kasih kepada narasumber
»TEKNIK BERTANYA
»I  Statement
»Closed Questions
»Open Questions
» Dimulai dengan kata: apa, mengapa, bagaimana, jelaskan 
»Meminta jawaban lengkap, membutuhkan jawaban elaboratif
?Apa yg anda lakukan saat anda menerima perintah lisan melalui telepon ?
?Mengapa anda harus melakukan identifikasi pasien sebelum melakukan tindakan ?
?Bagaimana cara anda mencuci tangan, tolong diperagakan ?
?Jelaskan saat saat mana anda harus mencuci tangan ?
»Closed Vs. Open Questions

Closed questions informasi jawaban sangat sedikit jawaban (ya/tidak)

Open questions meminta jawaban lengkap, membutuhkan jawaban elaboratif

 

»Leading Questions

»Leading vs. Neutral Questions

Leading questions sudah menyarankan jawaban yg benar

Neutral questions tidak menyarankan jawaban yg benar

 

 

»“Drill Down”
»
»Gunakan pertanyaan terbuka yang diikuti dengan drill down dengan nada rendah
»Pertanyaan yang sama, lakukan dengan sedikit berbeda, yg mungkin memperdalam pemahaman tentang kepatuhan terhadap prsedur
»
»After the Question
»POLITE QUESTION
1.Bagaimana pengorganisasianPanitiafarmasidanterapidi RS ini? ( MPO 1)
2.Bagaimana saudara melakukan stok opname dikaitkan dengan obat kadaluarsa (MPO 2.2)
3.Tolong Jelaskan bagaimana  anda meyakinkan kami bahwa semua resep yang masuk tak ada kesalahan (MPO5.1)
4.Mohon diceritakan cara mengidentifikasi obat-obat LASA di RS (MPO 2)
5.Silahkan  didemonstrasikan cara anda mencuci tangan (SKP 5)
6.Apakah yang anda lakukan dalam menata obat LASA dan high alert di ruang ini supaya tak terjadi kesalahan pemberian obat ? (SKP3)
»Lanjutan polite question………………………
»Jelaskan apa yang anda lakukan kalau anda menerima perintah lisan lewat telepon ? (SKP 2)
»Berikan contoh , bagaimana anda sebagai perawat terlibat dalam upaya peningkatan mutu (KPS 14)
»Bagaimana melakukan monitoring pelayanan yang diberikan pihak luar rumah sakit yang diadakan berdasar kontrak ?(TKP.3.3)
»
» Pertanyaan-pertanyaan Untuk Mengingat-ingat Selagi Menelusur Proses
»RISK POINT: LANGKAH YG RAWAN KESALAHAN DALAM SUATU PROSES
  • 1.Kompetensi petugas lemah
  • 2.Supervisi lemah
  • 3.Label tertukar
  • 4.Keterbatasan informasi
  • 5.Kerusakan alat
  • 6.Singkatan yg tidak lazim
  • 7.Tulisan tangan tak jelas
»Strategi Bertanya
•Mendengar aktif
»Dril down sampai isu-isu yg ditanyakan  secara penuh dikembangkan
»Jangan menanyai hanya satu standar à berfokus di beberapa standar-standar yang  terkait dengan proses
»Menghindari hipotetis à elakkan evaluasi dini
»Pertanyaan fokus pada standar
»Yang ditanyai staf bukan manajemen
»Menanyai pasien bila mungkin (ijin dulu)
»CARA MENDENGAR AKTIF
  • D ihayati dengan mata dan hati
  • E lakan evaluasi dini
  • N gelamun harus dihindari
  • G aya tubuh yang empati
  • A rahkan pada inti permasalahan
  • R angkum dengan bahasa sendiri
»Pertanyaan yg tepat :

Pertanyaan yg tepat adalah:

»Adalah jantung komunikasi yang efektif dan kita akan mendapat informasi yg kita harapkan
»Dapat mengumpulkan informasi yang tepat
»Dapat membangun hubungan yang lebih kuat, lebih efektif mengelola orang dan membantu orang lain untuk belajar juga

GARBAGE IN GARBAGE OUT

»Jika Anda mengajukan pertanyaan yang salah, Anda mungkin akan mendapatkan jawaban yang salah, atau setidaknya tidak cukup apa yang Anda harapkan.
»Wawancara Pasien
  • Pertanyaan-pertanyaan berbasis telaah rekam medis tertutup (pendidikan, diet, kapan diberitahu tentang penyakitnya ? Siapa yg memberitahu, dll),
  • Berbicara dengan para pasien / keluarga-keluarga tentang pengalaman pengalaman yg relevan
  • Mengamati lingkungan  dalam ruang pasien (kebersihan, privasi, hands rub, bed side rel,dst)
  • Tidak fokus bertanya kepada pasien tetapi ber cakap-cakap/ngobrol
»Pengamatan lingkungan pasien
»Contoh wawancara dengan pasien
»Selamat pagi bu, apa kabar  ?
»Saya dokter (sebutkan nama) dari KARS jakarta, saya ingin ber bincang bincang sebentar dgn ibu, apakah ibu berkenan?
»Bagaimana keadaan ibu hari ini ?
»Bagaimana perasaan ibu selama dirawat disini ?
»Sudah berapa lama ibu dirawat disini ?
»Ibu sakit apa ?
»Siapa dokter yang merawat ibu ?  Apakah dokter menjelaskan tentang penyakit dan rencana pelayanan nya ?
»Ibu diminta pakai gelang oleh RS, untuk apa sebetulnya gelang ini. Apakah petugas sebelum memasang infus melihat ke gelang ini ? Apakah mencuci tangannya ?

 

Penjelasan dapat di baca pada PPT di bawah ini

…..

 

Download DISINI !