KEBIJAKAN PELAYANAN LABORATORIUM RUMAH SAKIT


Kebijakan Umum :

  1. Pelayanan di Laboratorium harus selalu berorientasi kepada mutu dan keselamatan pasien.
  2. Semua petugas unit lab wajib memiliki izin sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  3. Dalam melaksanakan tugasnya setiap petugas wajib mematuhi ketentuan dalam K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja).
  4. Setiap petugas harus bekerja sesuai dengan standar profesi, standar prosedur operasional yang berlaku, etika profesi, etikket, dan menghormati hak pasien.
  5. Pelayanan Instalasi Laboratorium dilaksanakan 24 jam sehari, 7 hari dalam seminggu.
  6. Evaluasi Mutu Laboratorium mengacu kepada Standar Pelayanan Minimal Laboratorium.
  7. Penyediaan tenaga harus mengacu kepada pola ketenagaan.
  8. Untuk melaksanakan koordinasi dan evaluasi wajib dilaksanakan rapat rutin bulanan minimal satu bulan sekali.
  9. Setiap bulan wajib membuat laporan.

 




Kebijakan Khusus :

  1. Peralatan laboratorium harus selalu dilakukan dan kalibrasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  2. Setiap parameter laboratorium kontrol kualitasnya sebelum diberlakukan kepada specimen pasien.
  3. Mengikuti kegiatan pemantapan mutu eksternal.
  4. Setiap pemeriksaan laboratorium harus berdasarkan atas permintaan dokter atau bila atas permintaan sendiri harus ada konsultasi dengan dokter Spesialis Patologi Klinik.
  5. Setiap spesimen harus memenuhi syarat / memenuhi kualitas.
  6. Hasil pemeriksaan laboratorium untuk kasus biasa akan selesai dalam waktu maksimal 2 jam, dan untuk kasus cito dan kasus dari Instalasi Gawat Darurat dalam waktu maksimal 1 jam, kecuali pemeriksaan laboratorium tersebut di kirim ke laboratorium rujukan.
  7. Pasien harus diberitahu bila pemeriksaan laboratorium di kirim ke laboratorium rujukan.
  8. Hasil pemeriksaan laboratorium harus diekspertisi oleh dokter spesialis Patologi Klinik atau petugas yang diberikan kewenangan.
  9. Untuk mempertahankan dan meningkatkan kompetensi, setiap petugas wajib mengikuti pelatihan yang diselenggarakan.