Buku Saku – Pintar Akreditasi RS

Download Materi Berupa Winword DOC DISINI !

Contoh Buku saku di maksudkan agar staf yang ada di rumah sakit bisa belajar dan paham materi akreditasi.

RUMAH SAKIT AKREDITASI.

 VISI :

Meningkatkan kualitas kehidupan lahir batin manusia secara seimbang beserta lingkungan hidupnya sejalan dengan waktu. sesuaikan dengan RS masing-masing.

MISI :        

Menyelenggarakan pelayanan kesehatan paripurna (preventif, promotif, curatif & rehabilitatif) yang berkualitas tinggi, berstandar international, dan berorientasi pada kepuasan pelanggan.

FALSAFAH :

Memberikan pelayanan secara profesional berlandaskan hati nurani, dengan selalu berorientasi pada mutu dan keselamatan pasien.

NILAI :      

Tuntunan dan pandangan umum orang yang bekerja di Akreditasi.

MOTTO  :  Melayani dengan Penuh Cinta Kasih

 

TUJUAN :

  1. Tercapainya pelayanan yang bermutu tinggi yang berorientasi pada kepuasan pelanggan.
  2. Pelayanan kesehatan RS Akreditasi terus meningkat dan berkembang.
  3. Tercapainya peningkatan produktifitas pelayanan RS Akreditasi
  4. Terbentuknya sumber daya manusia yang memiliki kompetensi tinggi, memiliki integritas, komitmen yang kuat terhadap organisasi melalui upaya pendidikan dan pelatihan, serta upaya peningkatan kesejahteraan yang adil dan manusiawi.

 

 


 

SASARAN KESELAMATAN PASIEN (SKP)

 

No. PERTANYAAN JAWABAN
1. Apa yang Anda ketahui tentang sasaran keselamatan pasien di rumah sakit? Ada 6 sasaran keselamatan pasien di rumah sakit :

(Acuan : Peraturan Menteri Kesehatan  RI  No. 1691 tahun 2011)

  • Ketepatan Identifikasi Pasien.
  • Peningkatan komunikasi yang efektif;
  • Peningkatan keamanan obat yang perlu diwaspadai;
  • Kepastian tepat-lokasi, tepat-prosedur, tepat-pasien operasi;
  • Pengurangan risiko infeksi terkait pelayanan kesehatan; dan
  • Pengurangan risiko pasien jatuh.
2. Bagaimana prosedur di rumah sakit dalam mengidentifikasi pasien? § Setiap pasien yang masuk rawat inap dipasangkan gelang identitas pasien.

§ Ada 2 identitas yaitu menggunakan NAMA dan TANGGAL LAHIR yang disesuaikan dengan tanda pengenal resmi.

§ Pengecualian prosedur identifikasi dapat dilakukan pada kondisi kegawatdaruratan pasien di IGD, ICU dan kamar operasi dengan tetap memperhatikan data pada gelang identitas pasien.

3. Kapan dilakukan proses verifikasi identitas pasien? § Sebelum pemberian obat,

§ Sebelum pemberian transfusi darah,

§ Sebelum pengambilan sampel untuk pemeriksaan laboratorium dan pemeriksaan radiologi

§ Sebelum dilakukan tindakan medis

4. Gelang identifikasi apa saja yang digunakan di rumah sakit? § Gelang identitas

Pasien laki-laki  : BIRU MUDA

Pasien perempuan : MERAH MUDA

§ Gelang pasien risiko jatuh : KUNING

§ Gelang alergi : MERAH

5. Bagaimana prosedur pemasangan gelang identifikasi? SPO Pemasangan gelang identifikasi pasien
6. Dapatkah Anda menjelaskan tentang cara komunikasi yang efektif di rumah sakit? § Rumah sakit menggunakan tehnik SBAR (Situation – Background – Assessment – Recomendation) dalam melaporkan kondisi pasien untuk meningkatkan efektivitas komunikasi antar pemberi layanan.

§ Situation : Kondisi terkini yang terjadi pada pasien.

§ Background : Informasi penting apa yang berhubungan dengan kondisi pasien terkini.

§ Assessment : Hasil pengkajian kondisi pasien terkini

§ Recommendation : Apa yang perlu dilakukan untuk mengatasi masalah pasien saat ini.

§ Rumah sakit konsisten dalam melakukan verifikasi terhadap akurasi dari komunikasi lisan dengan catat, baca kembali dan konfirmasi ulang (CABAK) terhadap perintah yang diberikan.

§ Pelaporan kondisi pasien kepada DPJP pasien menjadi tanggung jawab dokter ruangan yang bertugas.

7. Apa saja yang termasuk obat-obat high alert medication di rumah sakit? Obat- obatan yang termasuk dalam high alert medication adalah :

1. Elektrolit pekat : KCl, MgSO4, Natrium Bikarbonat, NaCl 0,3%

2. NORUM (Nama Obat Rupa Ucapan Mirip) / LASA (Look Alike Sound

Alike) yaitu obat-obat yang terlihat mirip dan  kedengarannya mirip.

Pengelolaan high alert medication:

§ Penyimpanan di lokasi khusus dengan akses terbatas dan diberi penandaan yang jelas berupa stiker berwarna merah bertuliskan “High Alert

§ NaCl 0,3% dan KCl tidak boleh disimpan di ruang perawatan kecuali di Unit Perawatan Intensif (ICU).

§ Ruang perawatan yang boleh menyimpan elektrolit pekat harus memastikan bahwa elektrolit pekat disimpan di lokasi dengan akses terbatas bagi petugas yang diberi wewenang.

§ Obat diberi penandaan yang jelas berupa stiker berwarna merah bertuliskan “High Alert” dan khusus untuk elektrolit pekat, harus ditempelkan stiker yang dituliskan “Elektrolit pekat, harus diencerkan sebelum diberikan

8. Bagaimana prosedur penandaan lokasi yang akan dioperasi di RS ini?

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tahukah Anda bagaimana prosedur check list keselamatan operasi?

§ Orang yang bertanggung jawab untuk membuat tanda pada pasien adalah Operator/orang yang akan melakukan tindakan.

§ Operator yang membuat tanda itu harus hadir pada operasi tersebut.

§ Penandaan titik yang akan dioperasi adalah sebelum pasien dipindahkan ke ruang di mana operasi akan dilakukan. Pasien ikut dilibatkan, terjaga dan sadar; sebaiknya dilakukan sebelum pemberian obat pre-medikasi.

§ Tanda berupa “X” di titik yang akan dioperasi.

§ Tanda itu harus dibuat dengan pena atau spidol permanen berwarna hitam dan jika memungkinkan, harus terlihat sampai pasien disiapkan dan diselimuti.

§ Lokasi untuk semua prosedur yang melibatkan sayatan, tusukan perkutan, atau penyisipan instrumen harus ditandai.

§ Semua penandaan harus dilakukan bersamaan saat pengecekkan hasil pencitraan pasien diagnosis misalnya sinar-X, scan, pencitraan elektronik atau hasil test lainnya dan pastikan dengan  catatan medis pasien dan gelang identitas pasien.

§ Lokasi operasi ditandai pada semua kasus termasuk sisi (laterality), struktur multipel (jari tangan, jari kaki, lesi) atau multiple level (tulang belakang).

Beberapa prosedur yang tidak memerlukan penandaan:

§  kasus organ tunggal (misalnya operasi jantung, operasi caesar)

§  kasus intervensi seperti kateter jantung

§  kasus yang melibatkan gigi

§  prosedur yang melibatkan bayi prematur di mana penandaan akan menyebabkan tato permanen

 

Dalam kasus-kasus di mana tidak dilakukan penandaan, alasan harus dapat dijelaskan dan dipertanggungjawabkan. Untuk pasien dengan warna kulit gelap, boleh digunakan warna selain hitam atau biru gelap (biru tua) agar penandaan jelas terlihat, misalnya warna merah. Pada kasus-kasus seperti operasi spinal, dapat dilakukan proses dua tahap yang meliputi penandaan preoperatif per level spinal (yang akan dioperasi) dan interspace spesifik intraoperatif menggunakan radiographic marking.

Proses check list ini merupakan standar operasi yang meliputi pembacaan dan pengisian formulir sign in yang dilakukan sebelum pasien dianestesi di holding area, time out yang dilakukan di ruang operasi sesaat sebelum incisi pasien operasi dan sign out setelah operasi selesai (dapat dilakukan di recovery room). Proses sign in, time out dan sign out ini dipandu oleh perawat sirkuler dan diikuti oleh operator, dokter anestesi, perawat.

9. Bagaimanakah standar prosedur cuci tangan yang benar di rumah sakit? Semua petugas di rumah sakit termasuk dokter melakukan kebersihan tangan pada 5 MOMEN yang telah ditentukan, yakni:

§ Sebelum kontak dengan pasien

§ Sesudah kontak dengan pasien

§ Sebelum tindakan asepsis

§ Sesudah terkena cairan tubuh pasien

§ Sesudah kontak dengan lingkungan sekitar pasien

Rumah Sakit Akreditasi menggunakan 6 LANGKAH  cuci tangan

Ada 2 cara cuci tangan yaitu :

1. HANDWASH – dengan air mengalir

    waktunya : 40 – 60 detik

2. HANDRUB – dengan gel berbasis alkohol

    waktunya : 20 – 30 detik

 

 

 

 

10. Bagaimanakah cara mengkaji pasien risiko jatuh ?

Penilaian risiko jatuh dilakukan saat pengkajian awal dengan menggunakan metode pengkajian risiko jatuh yang telah ditetapkan oleh RS Akreditasi. Penilaian risiko jatuh pada pasien anak menggunakan scoring HUMPTY DUMPTY dan pada pasien dewasa menggunakan scoring MORSE dan pada geriatri menggunakan SYDNEY scoring.

 

parameter kriteria nilai skor
Usia ð         < 3 tahun

ð         3 – 7 tahun

ð         7 – 13 tahun

ð         ? 13 tahun

4

3

2

1

Jenis kelamin ð         Laki-laki

ð         Perempuan

2

1

Diagnosis ð         Diagnosis neurologi

ð         Perubahan oksigenasi (diagnosis respiratorik, dehidrasi, anemia, anoreksia, sinkop, pusing, dsb.)

ð         Gangguan perilaku / psikiatri

ð         Diagnosis lainnya

4

3

 

2

1

Gangguan kognitif ð         Tidak menyadari keterbatasan dirinya

ð         Lupa akan adanya keterbatasan

ð         Orientasi baik terhadap diri sendiri

3

2

1

Faktor lingkungan ð         Riwayat jatuh / bayi diletakkan di tempat tidur dewasa

ð         Pasien menggunakan alat bantu  / bayi diletakkan dalam  tempat tidur bayi / perabot rumah

ð         Pasien diletakkan di tempat tidur

ð         Area di luar rumah sakit

4

3

 

2

1

Respons terhadap:

1.        Pembedahan/ sedasi / anestesi

 

 

2.        Penggunaan medikamentosa

ð         Dalam 24 jam

ð         Dalam 48 jam

ð         > 48 jam atau tidak menjalani pembedahan / sedasi/ anestesi

 

ð         Penggunaan multipel: sedatif, obat hipnosis, barbiturat, fenotiazin, antidepresan, pencahar, diuretik, narkose

ð         Penggunaan salah satu obat di atas

ð         Penggunaan medikasi lainnya / tidak ada medikasi

3

2

1

 

 

3

 

2

1

 

 

SKALA RISIKO JATUH HUMPTY DUMPTY UNTUK PEDIATRI

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Skor asesmen risiko jatuh: (skor minimum 7, skor maksimum 23)

·         Skor 7-11: risiko rendah

·         Skor ? 12: risiko tinggi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ONTARIO MODIFIED STRATIFY – SYDNEY SCORING
Tanggal : Nama :
No.Rekam Medik :
Parameter Skrining Jawaban Keterangan Nilai Skor
Riwayat jatuh

 

apakah pasien datang ke rumah sakit karena jatuh?  Ya / tidak Salah satu jawaban ya = 6

 

jika tidak, apakah pasien mengalami jatuh dalam 2 bulan terakhir ini?   Ya/ tidak
Status mental

 

 

apakah pasien delirium? (tidak dapat membuat keputusan, pola pikir tidak terorganisir, gangguan daya ingat)   Ya/ tidak Salah satu jawaban ya = 14

 

 

apakah pasien disorientasi? (salah menyebutkan waktu, tempat, atau orang)   Ya/ tidak
apakah pasien mengalami agitasi? (ketakutan, gelisah, dan cemas)   Ya/ tidak
Penglihatan

 

 

apakah pasien memakai kacamata?   Ya/ tidak Salah satu jawaban ya = 1

 

 

apakah pasien mengeluh adanya penglihatan buram?   Ya/ tidak
apakah pasien mempunyai glaukoma, katarak, atau degenerasi makula?   Ya/ tidak
Kebiasaan berkemih apakah terdapat perubahan perilaku berkemih? (frekuensi, urgensi, inkontinensia, nokturia)   Ya/ tidak ya = 2
Transfer (dari tempat tidur ke kursi dan kembali ke tempat tidur)

 

 

 

mandiri (boleh menggunakan alat bantu jalan) 0 jumlahkan nilai transfer dan mobilitas. Jika nilai total 0-3, maka skor = 0. jika nilai total 4-6, maka skor = 7

 

 

 

 

 

 

 

memerlukan sedikit bantuan (1 orang) / dalam pengawasan 1
memerlukan bantuan yang nyata (2 orang) 2
tidak dapat duduk dengan seimbang, perlu bantuan total 3
Mobilitas

 

 

 

mandiri (boleh menggunakan alat bantu jalan) 0
berjalan dengan bantuan 1 orang (verbal / fisik) 1
menggunakan kursi roda 2
imobilisasi 3
total skor
 

Keterangan skor:

0-5       = risiko rendah
6-16    = risiko sedang
17-30  = risiko tinggi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

FAKTOR RISIKO SKALA      POIN        SKOR
riwayat jatuh ya 25
tidak 0
i       diagnosis sekunder (? 2 diagnosis medis) ya 15
tidak 0
alat bantu Berpegangan pada perabot 30
tongkat/alat penopang 15
tidak ada/kursi roda/perawat/tirah baring 0
terpasang infus ya 20
tidak 0
gaya berjalan terganggu 20
lemah 10
normal/tirah baring/imobilisasi 0
status mental   sering lupa akan keterbatasan yang dimiliki 15
sadar akan kemampuan diri sendiri 0
Total

 

Morse Fall Scale (Skala Jatuh Morse)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kategori:

Risiko tinggi                   =  ? 45

Risiko sedang                =  25 – 44

Risiko rendah                =  0 – 24

Pengkajian tersebut dilakukan oleh perawat dan kemudian dapat dijadikan dasar pemberian rekomendasi kepada dokter untuk tatalaksana lebih lanjut.

Perawat memasang gelang risiko berwarna KUNING di pergelangan tangan pasien dan mengedukasi pasien dan atau keluarga maksud pemasangan gelang tersebut.

SPO Pengkajian dan pencegahan pasien risiko jatuh

Pengkajian ulang dilakukan oleh perawat secara berkala sesuai hasil penilaian risiko jatuh pasien dan jika terjadi perubahan kondisi pasien atau pengobatan.

11. Apa yang dilakukan jika ada pasien yang jatuh? Dilakukan tatalaksana pasien jatuh dan membuat laporan insiden keselamatan pasien.

 

 


 

HAK PASIEN DAN KELUARGA (HPK)

 

NO. PERTANYAAN JAWABAN
1. Tahukah Anda tentang bagaimana hak pasien di rumah sakit? RS Akreditasi bertanggung jawab untuk melindungi dan mengedepankan hak pasien dan keluarga sesuai UU RI No. 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit yaitu :

a.      Pasien berhak memperoleh informasi mengenai tata tertib dan peraturan yang berlaku di Rumah Sakit.

b.      Pasien berhak informasi tentang hak dan kewajiban pasien.

c.      Pasien berhak memperoleh layanan yang manusiawi, adil, jujur dan tanpa diskriminasi.

d.      Pasien berhak memperoleh layanan kesehatan yang bermutu sesuai sengan standar profesi dan standar prosedur operasional.

e.      Pasien berhak memperoleh layanan yang efektif dan efisien sehingga pasien terhindar dari kerugian fisik dan materi.

f.       Pasien berhak mengajukan pengaduan atas kualitas pelayanan yang didapatkan.

g.      Pasien berhak memilih dokter dan kelas perawatan sesuai dengan keinginannya dan peraturan yang berlaku di Rumah Sakit.

h.      Pasien berhak meminta konsultasi tentang penyakit yang dideritanya kepada dokter lain yang mempunyai Surat Ijin Praktek (SIP) baik di dalam maupun di luar Rumah Sakit.

i.        Pasien berhak mendapat privasi dan kerahasiaan penyakit yang diderita termasuk data – data medisnya.

j.        Pasien berhak mendapat informasi yang meliputi diagnosis dan tata cara tindakan medis, tujuan tindakan medis, alternatif tindakan, resiko dan kompliksi yang mungkin terjadi dan prognosis terhadap tindakan yang dilakukan serta perkiraan biaya pengobatan.

k.      Pasien berhak memberikan persetujuan atau menolak atas tindakan yang akan dilakukan oleh tenaga kesehatan terhadap penyakit yang dideritanya.

l.        Pasien berhak didampingi keluarganya dalam keadaan kritis.

m.    Pasien berhak menjalankan ibadah sesuai agama/kepercayaan yang dianutnya selama hal itu tidak mengganggu pasien lainnya.

n.      Pasien berhak memperoleh keamanan dan keselamatan dirinya selama dalam perawatan di Rumah Sakit.

o.      Pasien berhak mengajukan usul, saran, perbaikan atas perilaku Rumah Sakit terhadap dirinya.

p.      Pasien berhak menolak pelayanan bimbingan rohani yang tidak sesuai dengan agama dan kepercayaan yang dianutnya.

q.      Pasien berhak menggugat dan/atau menuntut Rumah Sakit apabila Rumah Sakit diduga memberikan pelayanan yang tidak sesuai dengabn standar baik secara perdata maupun pidana.

r.       Pasien berhak mengeluhkan pelayanan Rumah Sakit yang tidak sesuai dengan standar pelayanan melalui media cetak dan elektronik sesuai dengan ketentuan pertauran perundang – undangan.

2. Bagaimana prosedur pemberian informasi dan edukasi kepada pasien & keluarga?

 

Pemberian informasi dan edukasi diberikan sesuai kebutuhan, dan diberikan oleh petugas dengan kompetensi yang sesuai. Dalam pemberian informasi dan edukasi ini dikoordinasi oleh Panitia PKRS.

SPO Pemberian informasi dan edukasi

3. Bagaimana prosedur pemberian informed consent kepada pasien & keluarga?

 

 

 

 

 

 

Persetujuan Tindakan Kedokteran (acuan : PERATURAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 290/MENKES/PER/III/2008

TENTANG PERSETUJUAN TINDAKAN KEDOKTERAN )

§ Pernyataan persetujuan (lnformed Consent) dari pasien didapat melalui suatu proses yang ditetapkan rumah sakit dan dilaksanakan oleh staf yang terlatih, dalam bahasa yang dipahami pasien.

    SPO Pemberian Informed Consent

§ Informed consent diperoleh sebelum operasi, anestesi, penggunaan darah atau produk darah dan tindakan serta pengobatan lain yang berisiko tinggi.

§ Semua tindakan kedokteran harus mendapat persetujuan pasien dan atau keluarga setelah mendapat penjelasan yang cukup tentang hal-hal yang berkaitan dengan tindakan tersebut dari Dokter Penanggungjawab Pasien (DPJP).

Yang berhak untuk memberikan persetujuan setelah mendapatkan informasi  adalah.

a. Pasien sendiri, yaitu apabila telah berumur 21 tahun atau telah menikah.

b. Bagi Pasien dibawah umur 21 tahun, persetujuan (informed consent) atau Penolakan Tindakan Medis diberikan oleh mereka menurut urutan hak sebagai berikut :

1) Ayah/ Ibu Kandung

2) Saudara – saudara kandung

 

c. Bagi pasien dibawah umur 21 tahun dan tidak mempunyai orang tua atau orang tuanya berhalangan hadir, persetujuan (Informed Consent) atau Penolakan Tindakan medis diberikan oleh mereka menurut hak sebagai berikut :

1)   Ayah/Ibu Adopsi

2)   Saudara – saudara Kandung

3)   Induk Semang

 

d. Bagi pasien dewasa dengan gangguan mental, persetujuan (Informed Consent) atau penolakan penolakan tindakan medis diberikan oleh mereka menurut hak sebagai berikut:

1)   Ayah/Ibu kandung

2)   Wali yang sah

3)   Saudara – Saudara Kandung

 

e. Bagi pasien dewasa yang berada dibawah pengampunan (curatelle) Persetujuan atau penolakan tindakan medis diberikan menurut hal tersebut.

1)   Wali

2)   Curator

 

f.  Bagi Pasien dewasa yang telah menikah/ orang tua, persetujuan atau penolakan tindakan medik diberikan pleh mereka menurut urutan hal tersebut.

1)   Suami/ Istri

2)   Ayah/ Ibu Kandung

3)   Anak- anak Kandung

4)   Saudara – saudara Kandung

 

§ Informed consent menginformasikan tentang : diagnosis (WD & DD), dasar diagnosis, tindakan kedokteran, indikasi tindakan, tata cara, tujuan, risiko, komplikasi, prognosis, alternatif & risiko.

4. Bagaimana pasien mendapatkan informasi pelayanan kerohanian di RS? Pelayanan kerohanian terdiri dari pelayanan kerohanian rutin dan atas permintaan. Pasien yang membutuhkan pelayanan kerohanian akan mengisi formulir permintaan pelayanan kerohanian. Kemudian perawat akan menghubung petugas terkait sesuai daftar yang ada.

SPO Pelayanan Kerohanian

5. Bagaimana RS melindungi kebutuhan privasi pasien? Saat dilakukan pemeriksaan, konsultasi, tatalaksana antar pasien akan dibatasi dengan tirai.

SPO Perlindungan Kebutuhan Privasi Pasien

6. Bagaimana RS melindungi pasien terhadap kekerasan fisik?

 

§ Kriteria kekerasan fisik di lingkungan Rumah Sakit terdiri atas: pelecehan seksual, pemukulan, penelantaran dan pemaksaan fisik terhadap pasien baik yang dilakukan oleh penunggu /pengunjung pasien maupun petugas.

§ Kecuali terdapat indikasi, petugas kesehatan dapat melakukan pemaksaan fisik (seperti pengekangan) sesuai standar medis dan etika rumah sakit yang berlaku.

§ Setiap petugas keamanan sudah terlatih untuk menangani hal tersebut.

§ Setiap pasien/pengunjung/karyawan yang berada dalam rumah sakit harus menggunakan tanda pengenal berupa gelang identitas pasien, kartu visitor/pengunjung atau name tag karyawan.

SPO Perlindungan Terhadap Kekerasan Fisik

7. Bagaimana prosedur melindungi barang milik pasien? SPO Perlindungan Barang Milik Pasien 
8. Apa yang dilakukan RS jika pasien menolak/ memberhentikan tindakan (resusitasi) atau pengobatan yang diberikan? Rumah sakit menghormati keinginan dan pilihan pasien untuk menolak pelayanan resusitasi.

Keputusan untuk tidak melakukan RJP harus dicatat di rekam medis pasien dan di formulir Do Not Resuscitate (DNR). Formulir DNR harus diisi dengan lengkap dan disimpan di rekam medis pasien.

Alasan diputuskannya tindakan DNR dan orang yang terlibat dalam pengambilan keputusan harus dicatat di rekam medis pasien dan formulir DNR. Keputusan harus dikomunikasikan kepada semua orang yang terlibat dalam aspek perawatan pasien.

SPO Penolakan Tindakan atau Pengobatan

 

 


 

PENDIDIKAN PASIEN DAN KELUARGA (PPK)

 

NO. PERTANYAAN JAWABAN
1. Siapa yang memberikan edukasi kepada pasien & keluarga? Semua pemberian informasi dan edukasi kepada pasien dan keluarga diberikan oleh petugas yang berkompeten dan dikoordinasi oleh Panitia PKRS.
2. Bagaimana prosedur pemberian informasi atau edukasi kepada pasien & keluarga? SPO Pemberian informasi atau edukasi
3. Bagaimana cara Anda mengetahui pencapaian keberhasilan edukasi yang diberikan?  

Melakukan verifikasi bahwa pasien dan keluarga bisa menerima dan memahami edukasi yang diberikan.

 

SPO Pemberian informasi atau edukasi

 

4. Apa bukti edukasi telah diberikan kepada pasien? § Ada bahan materi yang diberikan kepada pasien dan atau keluarga

§ Ada dokumen pemberian edukasi berupa formulir pemberian edukasi yang ditandatangani oleh pemberi edukasi dan penerima edukasi.

 


 

PENINGKATAN MUTU DAN KESELAMATAN PASIEN (PMKP)

 

NO. PERTANYAAN JAWABAN
1. Apakah definisi kejadian sentinel? § Insiden  meliputi Kejadian Tidak Diharapkan (KTD), Kejadian Nyaris Cedera (KNC), Kejadian Tidak Cedera (KTC) , Kejadian Potensial Cedera (KPC) dan Kejadian Sentinel.

§ Kejadian sentinel adalah suatu KTD yang mengakibatkan kematian atau cedera yang serius; biasanya dipakai untuk kejadian yang sangat tidak diharapkan atau tidak dapat diterima seperti: operasi pada bagian tubuh yang salah.

§ Kejadian sentinel :

o  Kematian tidak terduga dan tidak terkait dengan perjalanan alamiah atau kondisi yang mendasari penyakitnya . Contoh bunuh diri

o  Kehilangan fungsi utama (major) secara permanen yang tidak terkait dengan perjalanan alamiah penyakit pasien atau kondisi yang mendasari penyakitnya

o  Salah lokasi, salah prosedur, salah pasien operasi

o  Penculikan bayi atau bayi yang dipulangkan bersama orang yang bukan orang tuanya.

§ Pelaporan insiden tidak boleh lebih dari 2 x 24 jam

2. Bagaimana prosedur pelaporan insiden?

 

 

 


 

MILLENIUM DEVELOPMENT GOALS (MDGS)

 

NO. PERTANYAAN JAWABAN
1. Apa yang Anda ketahui tentang PONEK RS? Rumah sakit melaksanakan program PONEK (Pelayanan Obstetri Neonatal Emergensi Komprehensif) untuk menurunkan angka kematian bayi dan meningkatkan kesehatan ibu.

Rumah sakit membentuk Tim/Panitia PONEK untuk menjalankan program PONEK RS.

2. Apa yang Anda ketahui tentang TB-DOTS RS? Rumah sakit melaksanakan penanggulangan TB sesuai dengan pedoman strategi DOTS (Direct Observe Treatment Shortcourse)

Rumah sakit membentuk Tim/Panitia TB DOTS untuk menjalankan program TB DOTS RS.

 


 

AKSES KE PELAYANAN DAN KONTINUITAS PELAYANAN (APK)

 

NO. PERTANYAAN JAWABAN
1. Bagaimana prosedur skrining di IGD? § Skrining dilakukan pada kontak pertama di dalam atau di luar RS untuk menetapkan apakah pasien dapat dilayani oleh RS.

§ Skrining dilaksanakan melalui kriteria triase, visual atau pengamatan, pemeriksaan fisik, psikologik, laboratorium klinik atau diagnostik imajing sebelumnya.

SPO Skrining Pasien

2. Bagaimana prosedur penerimaan pasien rawat inap dan rawat jalan? SPO Penerimaan Pasien Rawat Inap

SPO Penerimaan Pasien Rawat Jalan

SPO Penahanan Pasien untuk diobservasi

3. Bagaimana prosedur triase? Rumah sakit melaksanakan proses triase berbasis bukti untuk memprioritaskan pasien sesuai dengan kegawatannya menggunakan ATS (Australian Triage Scale)
4. Bagaimana RS mengidentifikasi hambatan di populasinya dalam memberikan pelayanan ? RS mengidentifikasi hambatan di populasinya dengan membuat kajian data cakupan antara lain area cakupan, etnis dan agama. Selain itu juga dikaji faktor biologis dan psikososialnya.

Untuk  mengatasi hambatan/ kendala keterbatasan fisik dalam populasinya, RS Akreditasi memiliki prosedur penanganan bagi mereka dengan keterbatasan fisik.

 

 

 

 

 

 

 

5.

Bagaimana prosedur transfer yang berlaku di rumah sakit?

 

PASIEN PETUGAS

PENDAMPING

KETERAMPILAN YANG DIBUTUHKAN PERALATAN UTAMA
DERAJAT 0  TPK/ Petugas

Keamanan

Bantuan hidup dasar
DERAJAT

0,5

(ORANG TUA/ DELIRIUM)

 TPK/ Petugas

Keamanan

Bantuan hidup dasar
DERAJAT 1 Perawat/

Petugas

berpengalaman

(sesuai dengan

kebutuhan

pasien)

Bantuan hidup dasar, pelatihan tabung gas,

pemberian obat- obatan, kenal akan tanda

deteriorasi, keterampilan trakeostomi

dan suction

Oksigen, suction, tiang

infuse portabel, pompa

infuse dengan Baterai,

oksimetri denyut

DERAJAT 2 Perawat dan

Petugas

keamanan/ TPK

Semua ketrampilan di atas, ditambah : dua

tahun pengalaman dalam perawatan intensif

(oksigenasi, sungkup pernapasan,

defibrillator, monitor)

Semua peralatan di

atas, ditambah:

monitor EKG dan

tekanan darah dan

defibrillator

DERAJAT 3 Dokter,

perawat, dan

TPK/ Petugas

keamanan

Standar kompetensi dokter harus di atas

standar minimal :

Dokter:

· Minimal 6 bulan pengalaman mengenai perawatan pasien intensif dan bekerja di ICU

· Keterampilan bantuan hidup dasar dan lanjut

· Keterampilan menangani permasalahan jalan napas dan pernapasan, minimal level ST 3 atau sederajat.

· Harusmengikutipelatihanuntuk transfer pasiendengansakitberat / kritis

Perawat:

· Minimal 2 tahun bekerja di ICU

· Keterampilan bantuan hidup dasar dan lanjut

· Harus mengikuti pelatihan untuk transfer pasien dengan sakit berat / kritis

Monitor ICU portable

yang Lengkap,

ventilator dan alat

transfer yang

memenuhi standar

minimal.

 

TRANSFER INTRA RUMAH SAKIT

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

TRANSFER ANTAR RUMAH SAKIT

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PASIEN PETUGAS

PENDAMPING

KETERAMPILAN YANG DIBUTUHKAN PERALATAN UTAMA

DAN JENIS KENDARAAN

DERAJAT 0 Petugas

ambulan

Bantuan hidup dasar (BHD) Kendaraan High

Dependency Service

(HDS)/ Ambulan

DERAJAT 0,5

(ORANGTUA

/DELIRIUM)

Petugas

ambulan dan

paramedis

Bantuan hidup dasar Kendaraan HDS/

Ambulan

DERAJAT 1 Petugas

ambulan dan

perawat

Bantuan hidup dasar, pemberian oksigen,

Pemberian obat-obatan, kenal akan tanda

deteriorasi, Keterampilan perawatan,

trakeostomi dan suction

Kendaraan HDS/

ambulan, oksigen,

suction, tiang infus

portabel, Infus

pump denganbaterai,

oksimetri

DERAJAT 2 Dokter,

perawat dan

petugas

ambulans

Semua ketrampilan di atas, ditambah:

penggunaan alat pernapasan, bantuan hidup

lanjut, penggunaan kantong pernapasan (bag-

valve mask), penggunaan defibrillator,

penggunaan monitor intensif

Ambulan , semua

peralatan di atas,

ditambah: monitor EKG

dan tekanan darah dan

defibrillator bila

diperlukan

DERAJAT 3 Dokter,

perawat, dan

petugas

ambulan

Dokter:

·     Minimal 6 bulan pengalaman mengenai perawatan pasien intensif dan bekerja di ICU

·     Keterampilan bantuan hidup dasar dan lanjut

·     Keterampilan menangani permasalahan jalan napas dan pernapasan, minimal level ST 3 atau sederajat.

·     Harus mengikuti pelatihan untuk transfer pasien dengan sakitberat / kritis

Perawat:

·     Minimal 2 tahun bekerja di ICU

·     Keterampilan bantuan hidup dasar dan lanjut

·     Harus mengikuti pelatihan untuk transfer pasien dengan sakit berat / kritis

Ambulan lengkap/ AGD

118, monitor ICU

portabel yang lengkap,

ventilator dan peralatan

transfer yang memenuhi

standar minimal.

 

TRANSFER ANTAR RUMAH SAKIT

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6. Bagaimana prosedur pemulangan pasien? Perencanaan pemulangan bagi pasien dibuat 1×24 jam setelah pasien diterima sebagai pasien rawat inap.

 

 


 

ASESMEN PASIEN (AP)

 

NO. PERTANYAAN JAWABAN
1. Bagaimana prosedur pengkajian status gizi pasien di rumah sakit?

Status gizi dinilai dengan menggunakan kriteria MUST (Malnutrition Universal Screening Tool) untuk mengidentifikasi dan menatalaksana pasien dewasa yang mengalami gizi buruk, kurang gizi atu obesitas.

 

Kelima langkah MUST adalah sebagai berikut:

Langkah 1: hitung Indeks Massa Tubuh (IMT) pasien dengan menggunakan kurva di bawah ini dan berikanlah skor.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Langkah 2: nilai persentase kehilangan berat badan yang tak direncanakan menggunakan tabel di bawah ini, dan berikanlah skor.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Langkah 3 : nilai adanya efek/pengaruh akut dari penyakit yang diderita pasien, dan berikan skor (rentang antara 0-2). Sebagai contoh, jika pasien sedang mengalami penyakit akut dan sangat sedikit / tidak terdapat asupan makanan > 5 hari, diberikan skor 2.

Langkah 4 : tambahkan skor yang diperoleh dari langkah 1, 2, dan 3 untuk menilai adanya risiko malnutrisi.

i.     Skor 0           = risiko rendah

ii.     Skor 1           = risiko sedang

iii.     Skor ? 2        = risiko tinggi

Langkah 5: gunakan panduan tatalaksana untuk merencanakan strategi keperawatan berikut ini.

Risiko rendah

Perawatan rutin: ulangi skrining pada pasien di rumah sakit (tiap minggu), pada pasien

rawat jalan (tiap bulan), masyarakat umum dengan usia > 75 tahun (tiap tahun).

 

Risiko sedang

Observasi:

o   Catat asupan makanan selama 3 hari

o   Jika asupan adekuat, ulangi skrining: pasien di rumah sakit (tiap minggu), pada pasien rawat jalan (tiap bulan), masyarakat umum (tiap 2-3 bulan).

o   Jika tidak adekuat, rencanakan strategi untuk perbaikan dan peningkatan asupan nutrisi, pantau dan kaji ulang program pemberian nutrisi secara teratur.

 

Risiko tinggi

Tatalaksana:

o   Rujuk ke ahli gizi

o   Perbaiki dan tingkatkan asupan nutrisi

o   Pantau dan kaji ulang program pemberian nutrisi: pada pasien di rumah sakit (tiap minggu), pada pasien rawat jalan (tiap bulan), masyarakat umum (tiap bulan).

Untuk semua kategori:

a)      Atasi penyakit yang mendasari dan berikan saran dalam pemilihan jenis makanan

b)     Catat kategori risiko malnutrisi

c)      Catat kebutuhan akan diet khusus dan ikuti kebijakan setempat.

 

2. Bagaimana prosedur pengkajian nyeri di rumah sakit?

Pengkajian rasa nyeri menggunakan Neonatal Infants Pain Scale (NIPS) untuk usia < 1 tahun, FLACCS untuk usia 1-3 tahun, Wong Baker Faces Rating Scale untuk usia > 3 tahun dan Numeric Scale untuk dewasa. Comfort Scale digunakan pada pasien bayi, anak, dan dewasa di ruang rawat intensif / kamar operasi / ruang rawat inap yang tidak dapat dinilai menggunakan Numeric Rating Scale Wong-Baker FACES Pain Scale.

NEONATAL INFANTS PAIN SCALE (NIPS)

PARAMETER FINDING POINTS
Ekspresi wajah Santai 0
                                                                          Meringis 1
Menangis Tidak menangis 0
                                                                          Merengek 1
                                                                           Menangis kuat 2
Pola bernapas Santai 0
                                                                          Perubahan pola bernapas 1
Lengan Santai 0
                                                                          Fleksi/extensi 1
Kaki Santai 0
                                                                          Fleksi/extensi 1
Keadaan rangsangan Tertidur/ bangun 0
                                                                          Rewel 1

 

 

Pada bayi prematur, ditambahkan dua parameter lagi yaitu heart rate dan saturasi oksigen.

 

Heart Rate 10%  dari baseline 0
                                                                11-20% dari  baseline 1
                                                                 >20% dari baseline 2
Saturasi oksigen Tidak diperlukan oksigen tambahan 0
                                                                 Penambahan oksigen diperlukan 1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

SKOR   0      : Tidak nyeri   1-2   : Nyeri ringan    3-4   : Nyeri sedang    > 4 : Nyeri hebat

 

 

 

 

 

KATEGORI PARAMETER
 

 

0 1 2
WAJAH Tidak ada ekspresi tertentu atau senyum Sesekali meringis atau mengerutkan kening Sering untuk cemberut konstan, rahang,ditarik, tidak tertarik bergetar dagu.
KAKI Normal posisi atau

santai

Tidak nyaman, gelisah,

tegang

Menendang, atau kaki

disusun

ACTIVITAS Berbaring dengan tenang, posisi normal, bergerak dengan mudah Menggeliat, menggeser maju mundur, tegang Melengkung, kaku

 

MENANGIS Tidak ada teriakan (terjaga atau tertidur) Erangan atau rengekan,

keluhan sesekali

Menangis terus, teriakan atau isak tangis; sering keluhan
CONSOLABILITAS Konten, santai Diyakinkan oleh menyentuh sesekali, memeluk, Sulit untuk konsol atau kenyamanan atau sedang berbicara; distractable
SKOR   0      : Tidak nyeri   1-3   : Nyeri ringan    4-6   : Nyeri sedang    7-10 : Nyeri hebat

 

FLACCS

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

WONG BAKER FACES RATING SCALE & NUMERIC SCALE

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KATEGORI SKOR
KEWASPADAAN 1 – tidur pulas / nyenyak

2 – tidur kurang nyenyak

3 – gelisah

4 – sadar sepenuhnya dan waspada

5 – hiper alert

KETENANGAN 1 – tenang

2 – agak cemas

3 – cemas

4 – sangat cemas

5 – panic

DISTRESS PERNAPASAN 1 – tidak ada respirasi spontan dan tidak ada batuk

2 – respirasi spontan dengan sedikit / tidak ada respons terhadap ventilasi

3 – kadang-kadang batuk atau terdapat tahanan terhadap ventilasi

4 – sering batuk, terdapat tahanan / perlawanan terhadap ventilator

5 – melawan secara aktif terhadap ventilator, batuk terus-menerus / tersedak

MENANGIS 1 – bernapas dengan tenang, tidak menangis

2 – terisak-isak

3 – meraung

4 – menangis

5 – berteriak

PERGERAKAN 1 – tidak ada pergerakan

2 – kedang-kadang bergerak perlahan

3 – sering bergerak perlahan

4 – pergerakan aktif / gelisah

5 – pergrakan aktif termasuk badan dan kepala

 

COMFORT SCALE

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

TONUS OTOT 1 – otot relaks sepenuhnya, tidak ada tonus otot

2 – penurunan tonus otot

3 – tonus otot normal

4 – peningkatan tonus otot dan fleksi jari tangan dan kaki

5 – kekakuan otot ekstrim dan fleksi jari tangan dan kaki

TEGANGAN WAJAH 1 – otot wajah relaks sepenuhnya

2 – tonus otot wajah normal, tidak terlihat tegangan otot wajah yang nyata

3 – tegangan beberapa otot wajah terlihat nyata

4 – tegangan hampir di seluruh otot wajah

5 – seluruh otot wajah tegang, meringis

TEKANAN DARAH BASAL 1 – tekanan darah di bawah batas normal

2 – tekanan darah berada di batas normal secara konsisten

3 – peningkatan tekanan darah sesekali ?15% di atas batas normal (1-3 kali dalam observasi selama 2 menit)

4 – seringnya peningkatan tekanan darah ?15% di atas batas normal (>3 kali dalam observasi selama 2 menit)

5 – peningkatan tekanan darah terus-menerus ?15%

DENYUT JANTUNG BASAL 1 – denyut jantung di bawah batas normal

2 – denyut jantung berada di batas normal secara konsisten

3 – peningkatan denyut jantung sesekali ?15% di atas batas normal (1-3 kali dalam observasi selama 2 menit)

4 – seringnya peningkatan denyut jantung ?15% di atas batas normal (>3 kali dalam observasi selama 2 menit)

5 – peningkatan denyut jantung terus-menerus ?15%

  TOTAL SKOR

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3. Kapan asesmen awal harus diselesaikan? Asesmen medis dan keperawatan awal diselesaikan dalam waktu 1×24 jam setelah pasien masuk sebagai pasien rawat inap

Asesmen medis awal yang dilakukan sebelum pasien masuk sebagai pasien rawat inap atau sebelum prosedur rawat jalan di rumah sakit tidak berlangsung lebih dari 30 hari atau riwayat kesehatan telah diperbarui dan pemeriksaan fisik diulang.

Asesmen medis awal yang dilakukan sebelum pasien masuk sebagai pasien rawat inap atau sebelum prosedur rawat jalan di rumah sakit tidak berlangsung lebih dari 30 hari atau riwayat kesehatan telah diperbarui dan pemeriksaan fisik diulang.

Untuk asesmen yang berusia kurang dari 30 hari, perubahan-perubahan signifikan dalam kondisi pasien semenjak asesmen dicatat dalam rekam medis pada saat penerimaan pasien sebagai pasien rawat inap.

 

 

 


 

PELAYANAN PASIEN (PP)

 

NO. PERTANYAAN JAWABAN
1. Apa saja yang termasuk pasien dan pelayanan berisiko tinggi di RS Akreditasi? § Pasien keadaan darurat.

§ Pasien menggunakan layanan resusitasi

§ Pasien dengan pemberian darah dan produk darah.

§ Pasien yang menggunakan alat bantu kehidupan.

§ Pasien yang menderita penyakit menular dan penurunan kekebalan tubuh (immune-suppressed).

§ Pasien yang menjalani dialisis.

§ Pasien  yang menggunakan alat pengekang (restraint)

§ Pasien lanjut usia, orang dengan keterbatasan, anak-anak, dan populasi yang berisiko diperlakukan tak senonoh.

2. Bagaimana prosedur penyimpanan, penyajian dan pendistribusian makanan kepada pasien? Makanan disiapkan dan disimpan  dengan cara mengurangi risiko kontaminasi dan pembusukan.

Makanan didistribusi secara tepat waktu dan memenuhi permintaan.

SPO Penyimpanan, Penyajian dan Pendistribusian Makanan

3. Bagaimana prosedur penanganan pasien-pasien dalam tahap terminal? Rumah sakit memahami kebutuhan pasien yang unik pada akhir kehidupan dengan menyediakan ruangan khusus bagi pasien tahap terminal.

SPO Pelayanan Pasien Terminal

4. Bagaimana prosedur penanganan pasien restraint? restraint adalah suatu metode / cara pembatasan / restriksi yang disengaja terhadap gerakan / perilaku seseorang.

Jenis-jenis :

1.       Pembatasan Fisik

2.       Pembatasan Mekanis

3.       Surveilans Teknologi

4.       Pembatasan Kimia

SPO Penggunaan restraint

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 


 

PELAYANAN ANESTESI DAN BEDAH (PAB)

 

NO. PERTANYAAN JAWABAN
1.
  Sedasi ringan / minimal (anxiolysis) Sedasi sedang (pasien sadar) Sedasi berat / dalam Anestesi umum
Respons Respons normal terhadap stimulus verbal Merespons terhadap stimulus sentuhan Merespons setelah diberikan stimulus berulang / stimulus nyeri Tidak sadar, meskipun dengan stimulus nyeri
Jalan napas Tidak terpengaruh Tidak perlu intervensi Mungkin perlu intervensi Sering memerlukan intervensi
Ventilasi spontan Tidak terpengaruh Adekuat Dapat tidak adekuat Sering tidak adekuat
Fungsi kardiovaskular Tidak terpengaruh Biasanya dapat dipertahankan dengan baik Biasanya dapat dipertahankan dengan baik Dapat terganggu

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2. Wrong site, Wrong Procedure, Wrong Person Surgery

Tiga komponen penting dalam prosedur pre operatif :

1.       Proses verifikasi

2.       Menandai lokasi yang akan dioperasi

3.       Time out

§ Orang yang bertanggung jawab untuk membuat tanda pada pasien adalah Dokter Bedah/Operator yang akan melakukan tindakan.

§ Dokter bedah/operator yang membuat tanda itu harus hadir pada operasi tersebut.

§ Penandaan titik yang akan dioperasi adalah sebelum pasien dipindahkan ke ruang di mana operasi akan dilakukan. Pasien ikut dilibatkan, terjaga dan sadar; sebaiknya dilakukan sebelum pemberian obat pre-medikasi.

§ Tanda berupa “X” di titik yang akan dioperasi.

§ Tanda itu harus dibuat dengan pena atau spidol permanen berwarna hitam dan jika memungkinkan, harus terlihat sampai pasien disiapkan dan diselimuti.

§ Lokasi untuk semua prosedur yang melibatkan sayatan, tusukan perkutan, atau penyisipan instrumen harus ditandai.

§ Semua penandaan harus dilakukan bersamaan saat pengecekkan hasil pencitraan pasien diagnosis misalnya sinar-X, scan, pencitraan elektronik atau hasil test lainnya dan pastikan dengan  catatan medis pasien dan gelang identitas pasien.

§ Lokasi operasi ditandai pada semua kasus termasuk sisi (laterality), struktur multipel (jari tangan, jari kaki, lesi) atau multiple level (tulang belakang).

Beberapa prosedur yang tidak memerlukan penandaan:

§  kasus organ tunggal (misalnya operasi jantung, operasi caesar)

§  kasus intervensi seperti kateter jantung

§  kasus yang melibatkan gigi

§  prosedur yang melibatkan bayi prematur di mana penandaan akan menyebabkan tato permanen

 

Dalam kasus-kasus di mana tidak dilakukan penandaan, alasan harus dapat dijelaskan dan dipertanggungjawabkan. Untuk pasien dengan warna kulit gelap, boleh digunakan warna selain hitam atau biru gelap (biru tua) agar penandaan jelas terlihat, misalnya warna merah. Pada kasus-kasus seperti operasi spinal, dapat dilakukan proses dua tahap yang meliputi penandaan preoperatif per level spinal (yang akan dioperasi) dan interspace spesifik intraoperatif menggunakan radiographic marking.

Proses time out ini merupakan standar operasi yang meliputi pembacaan dan pengisian formulir sign in yang dilakukan sebelum pasien dianestesi di holding area, time out yang dilakukan di ruang operasi sesaat sebelum incisi pasien operasi dan sign out setelah operasi selesai (dapat dilakukan di recovery room). Proses sign in, time out dan sign out ini dipandu oleh perawat sirkuler dan diikuti oleh operator, dokter anestesi, perawat.

 

 


 

MANAJEMEN PENGGUNAAN OBAT (MPO)

 

NO. PERTANYAAN JAWABAN
1. Apa saja daftar obat-obatan yang termasuk dalam NORUM? Daftar obat-obatanNORUM (Nama Obat Rupa Ucapan Mirip) / LASA ( Look A ike Sound Alike ) dapat ditemukan di SPO Obat-obatan NORUM/ LASA dan juga pada buku quality and safety.

Contoh obat look alike adalah obat-obat dengan tampilan yang mirip namun sebenarnya berbeda dosis (misalnya Amlodipin 5 mg dan Amlodipin 10 mg). Sementara contoh obat sound alike adalah azithromycin dan erithromycin (terdengar mirip).

2. Bagaimana kebijakan penyimpanan elektrolit

pekat di RS?

Obat- obatan high alert (Kalium klorida 7,46% dalam ampul dan Natrium klorida 3% dalam kolf) hanya disimpan di ruang rawat intensif (ICU, NICU,HCU) ( di tempat yang ditandai dengan stiker merah). Obat high alert tersebut diberi stiker “high alert” berwarna merah dan khusus untuk larutan elektrolit pekat juga diberi penandaan stiker yang bertuliskan “ elektrolit pekat, harus diencerkan sebelum diberikan!”.
3. Bagaimana prosedur pengelolaan obat emergensi di RS? § Obat emergensi disimpan dalam troli/kit/lemari emergensi terkunci, diperiksa, dipastikan selalu tersedia dan harus diganti segera jika jenis dan jumlahnya sudah tidak sesuai lagi dengan daftar yang ditempel/ digantung di troli/kit/lemari emergensi. Perbekalan farmasi dan penguncian troli tersebut dikontrol oleh farmasi.

§ Troli akan dibuka 3 bulan sekali untuk dilakukan pemeriksaan kesesuaian perbekalan farmasi dengan daftar, ketepatan penyimpanan dan tanggal kadaluwarsa.

4. Bagaimana alur pelaporan insiden apabila terjadi medication error ? Baik dokter maupun perawat yang menemukan terjadinya medication error boleh melaporkan kejadian tersebut.

SPO Pelaporan Insiden.

5. Bagaimanakah kebijakan RS tentang persyaratan resep yang lengkap? Resep harus memenuhi kelengkapan:

§ Nama pasien, tanggal lahir atau umur pasien (jika tidak dapat mengingat tanggal lahir), no rekam medik dan berat badan pasien (untuk pasien anak)

§ Nama dokter, tanggal penulisan resep dan ruang pelayanan

§ Mengisi kolom riwayat alergi obat pada bagian kanan atas lembar resep manual

§ Menuliskan tanda R/ pada setiap sediaan. Untuk nama obat tunggal ditulis dengan nama generik. Untuk obat kombinasi ditulis sesuai nama dalam Formularium, dilengkapi dengan bentuk sediaan obat (contoh: injeksi, tablet, kapsul, salep), serta kekuatannya (contoh: 500 mg, 1 gram)

§ Bila obat berupa racikan dituliskan nama setiap jenis/bahan obat dan jumlah bahan obat (untuk bahan padat : mikrogram, miligram, gram) dan untuk cairan: tetes, milliliter, liter.

§ Pencampuran beberapa obat dalam satu sediaan tidak dianjurkan, kecuali sediaan dalam bentuk campuran tersebut telah terbukti aman dan efektif.

§ Aturan pakai (frekuensi, dosis, rute pemberian). Untuk aturan pakai jika perlu atau prn atau “pro re nata”, harus dituliskan dosis maksimal dalam sehari.

 

6. Bagaimana prosedur pemberian obat yang berlaku di RS ini? Pemberian obat menggunakan prinsip 7 benar :

1.       Benar Pasien

2.       Benar Indikasi

3.       Benar Obat

4.       Benar Dosis

5.       Benar Cara Pemberian

6.       Benar Waktu Pemberian

7.       Benar Dokumentasi

 

 

 


 

MANAJEMEN KOMUNIKASI DAN INFORMASI (MKI)

 

NO. PERTANYAAN JAWABAN
1. Adakah standarisasi singkatan dan simbol yang boleh dipakai di RS ini? RS telah mensosialisasikan standarisasi singkatan dan simbol  yang boleh digunakan dalam pelayanan
2. Bagaimana cara RS melindungi berkas rekam medis pasien dari kehilangan /kerusakan /penyalahgunaan? Rumah sakit mengembangkan suatu kebijakan bahwa yang diberikan kewenangan mengakses rekam medis klinis pasien adalah para praktisi kesehatan yang memberikan layanan kepada pasien tersebut.

 


 

KUALIFIKASI DAN PENDIDIKAN STAF (KPS)

 

NO. PERTANYAAN JAWABAN
Dapatkah Anda menjelaskan uraian jabatan Anda? Uraian jabatan adalah proses, metode dan teknik untuk memperoleh data jabatan yang diolah menjadi informasi jabatan dan disajikan untuk kepentingan program pegawai serta memberikan umpan balik bagi organisasi dan tatalaksana.

Uraian jabatan staf bersifat personal tergantung pada jabatan yang dimiliki.

Secara umum uraian jabatan tersebut terdiri dari nama, jabatan, misi organisasi, misi jabatan, hasil kerja, bahan kerja, perangkat kerja, sifat jabatan, pelaksanaan tugas (uraian tugas, tanggung jawab dan wewenang), nama jabatan bawahan langsung, korelasi jabatan, kondisi pelaksanaan kerja, persyaratan jabatan, kondisi fisik, butiran informasi lain dan surat tugas.

Uraian jabatan ini disimpan oleh bagian administrasi di masing- masing departemen/divisi/unit tempat bertugas dan salinannya harus dimiliki oleh setiap staf medis yang bersangkutan.

 

 


 

PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN INFEKSI (PPI)

 

NO. PERTANYAAN JAWABAN
1. Bagaimana pemilahan sampah medis dan non medis / benda tajam / cair Panitia Pencegahan dan Pengendalian Infeksi Rumah Sakit  telah menetapkan pemisahan sampah medis dan non medis.

Sampah medis dibuang di tempat sampah medis berkantung plastik kuning

Sampah non medis dibuang di tempat sampah non medis berkantung plastik hitam

Sampah benda tajam dan jarum dibuang di tempat sampah khusus yang tidak dapat tembus (puncture proof) dan tidak direuse yaitu safety box.

Limbah cair dibuang di wastafel atau kloset

2. Apakah RS menerapkan pemisahan pasien infeksius dan non infeksius? Panitia  Pencegahan dan Pengendalian Infeksi Rumah Sakit telah menetapkan pemisahan pasien infeksius dan noninfeksius

sesuai dengan SPO perawatan pasien di ruang isolasi infeksi. Pasien ditempatkan sesuai dengan sumber infeksi, apakah lewat kontak, airborne, dan droplet.

 

 


 

MANAJEMEN FASILITAS DAN KESELAMATAN (MFK)

 

NO. PERTANYAAN JAWABAN
1.
PROSEDUR EVAKUASI

1.     Tetap tenang, jangan panik, jangan berlari, ikuti petunjuk arah evakuasi atau dari petugas evakuasi

2.     Jangan mencoba mengambil barang yang tertinggal

3.     Lepaskan sepatu hak tinggi

4.     Gunakan tangga darurat terdekat menuju jalur evakuasi

5.     Jangan gunakan lift,  lift tidak bekerja sewaktu alarm berbunyi

6.     Jalan merangkak menuju tangga darurat, bila lorong dipenuhi asap

7.     Tutup hidung dan mulut dengan saputangan atau tissue yang telah dibasahi air guna menghindari dari kemungkinan menghirup zat-zat beracun.

8.     Keluar menuju tempat berhimpun di halaman rumah sakit atau tempat lapang yang bebas dari bencana.

 

 

JALUR EVAKUASI

Logistik, Teknisi, ICU, OK, IRNA 5, lantai 6,7,8 dan 9 à Jalur evakuasi menuju pintu emergensi (arah selatan), menuruni tangga menuju titik berkumpul di lantai dasar/halaman luar (arah timur).

Alfa Mart à Menuju pintu keluar arah timur, titik berkumpul di halaman luar arah timur.

Laboratorium dan IRNA 3 à Jalur evakuasi menuju tangga darurat bagian tengah (belakang lift), menuruni tangga menuju titik kumpul di lantai dasar/ halaman luar/ samping pos satpam/ mushola (arah barat).

Yapmedi, IRJ lantai 2 dan lantai 3, IRNA 2 à Jalur evakuasi menuju tangga darurat arah TCM, menuruni tangga menuju lantai dasar ke pintu utama, titik berkumpul di halaman depan (tiang bendera)/ arah utara.

IRJ lantai 1, MCU, HD, Radiologi, Farmasi, Coffee bean à Jalur evakuasi menuju pintu utama, titik berkumpul di halaman depan (tiang bendera)/ arah utara.

Admision/registrasi, kasir, operator, gizi, Baskin Robin à Jalur evekuasi menuju pintu samping tengah, titik berkumpul arah barat, samping pos satpam.

 

2.

Bagaimana prosedur penggunaan  APAR?

Prosedur penggunaan APAR:

§ Tarik keluar segel pengaman handle picu

§ Angkat nozel ke area bebas

§ Tekan handle picu sedikit sampai gas CO2 /

powder keluar

§ Bawa APAR ke titik api

§ Arahkan nozel ke titik api dan tekan handle picu

Jarak APAR dengan titik api  : 2 meter

 

 

 

 

 

 

3. Bila listrik terganggu dan padam maka dalam 7 detik (jeda waktu) terhitung sejak waktu pemadaman listrik, genset akan berfungsi dan listrik akan berfungsi kembali. Untuk beberapa lokasi seperti ICU, OK, Laboratorium ( alat-alat laboratorium) bila terjadi gangguan aliran listrik maka akan diback up dengan UPS sehingga tidak terdapat jeda waktu.
4. Bila air terganggu maka cadangan air di bak penampungan akan dapat memenuhi kebutuhan air selama 1 hari saja. Selama proses penggunaan cadangan air di bak penampung tersebut maka kebutuhan air akan dikirim oleh perusahaan air rekanan dengan estimasi waktu pengiriman 5-10 jam.

Perlu diketahui bahwa sumber air RS Akreditasi berasal dari PAM.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5.

 

 

HAL-HAL YANG PERLU DIWASPADAI KODE SIMBOL PANGGILAN DARURAT
Kebakaran MERAH 1020
Henti jantung pada dewasa BIRU 1001
Henti jantung  pada anak-anak BIRU 1001
Penculikan bayi / anak-anak MERAH MUDA 1020
Orang yang membahayakan ABU-ABU 1020
Orang yang membahayakan dengan senjata PERAK 1020
Ancaman bom KUNING 1020
Bencana di dalam RS TRIAGE DI RS 1020
Bencana di luar RS TRIAGE DI LUAR RS 1020
Tumpahan bahan berbahaya ORANYE 1020

 

KODE DARURAT