Home » Instrumen » 4. PPBS (Program)

4. PPBS (Program)


BAB IV. Program/Upaya Puskesmas yang Berorientasi Sasaran (PPBS)

Standar : 4.1.   Kebutuhan Program Puskesmas dianalisis. Penanggungjawab Program/Upaya Puskesmas mengidentifikasi kegiatan kegiatan pelayanan program sesuai dengan kebutuhanan harapan masyarakat.



Kriteria : 4.1.1. Pimpinan Puskesmas dan Penanggungjawab Program/Upaya Puskesmas menetapkan jenis-jenis kegiatan program yang disusun berdasar analisis kebutuhan serta harapan masyarakat yang dituangkan dalam rencana kegiatan program.

Maksud dan Tujuan :

  1. Kegiatan-kegiatan dalam setiap Program/Upaya Puskesmas disusun oleh Kepala Puskesmas dan Penanggungjawab program tidak hanya mengacu pada pedoman atau acuan yang sudah ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan, Dinas Kesehatan Provinsi, maupun Dinas Kesehatan Kabupaten, tetapi perlu memperhatikan kebutuhan dan harapan masyarakat terutama sasaran program.
  2. Kebutuhan dan harapan masyarakat maupun sasaran program dapat diidentifikasi melalui survey, kotak saran, maupun temu muka dengan tokoh masyarakat.
  3. Komunikasi perlu dilakukan untuk menyampaikan informasi tentang program kepada masyarakat, kelompok masyarakat maupun individu yang menjadi sasaran program.
  4. Komunikasi dan koordinasi perlu juga dilakukan kepada lintas program maupun lintas sector terkait.

Elemen Penilaian

  1.  Dilakukan identfikasi kebutuhan dan harapan masyarakat, kelompok masyarakat, dan individu yang merupakan sasaran program
  2. Identifikasi kebutuhan dan harapan masyarakat, kelompok masyarakat, dan individu yang merupakan sasaran program dilengkapi dengan kerangka acuan, metoda dan instrumen, cara analisis yang disusun oleh Penanggungjawab program
  3. Hasil identifikasi dicatat dan dianalisis sebagai masukan untuk penyusunan kegiatan-kegiatan program.
  4. Kegiatan-kegiatan tersebut ditetapkan oleh Kepala Puskesmas bersama dengan Penanggungjawab program dengan mengacu pada pedoman program dan hasil analisis kebutuhan dan harapan masyarakat, kelompok masyarakat, dan individu sebagai sasaran program.
  5. Kegiatan-kegiatan tersebut dikomunikasikan kepada masayarakat, kelompok masyarakat, maupun individu yang menjadi sasaran program.
  6. Kegiatan-kegiatan tersebut dikomunikasikan dan dikoordinasikan kepada lintas program dan lintas sector terkait sesuai dengan pedoman pelaksanaan program.
  7. Kegiatan-kegiatan tersebut disusun dalam rencana kegiatan program.

Kriteria : 4.1.2. Dalam pelaksanaan kegiatan program dilakukan pembahasan konsultatif oleh pengelola dan pelaksana program dengan masyarakat, kelompok masyarakat maupun individu yang menjadi sasaran program untuk mengetahui dan menanggapi jika ada perubahan kebutuhan dan harapan sasaran program.

Maksud dan Tujuan :

  • Untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan sasaran program diperlukan umpan balik dari masyarakat dan sasaran program untuk melakukan penyesuaian dan perbaikan-perbaikan dalam pelaksanaan kegiatan-kegiatan program.
  • Umpan balik dapat diperoleh melalui pembahasan atau pertemuan konsultatif dengan tokoh masyarakat, kelompok masyarakat atau individu yang merupakan sasaran program melalui forum-forum yang ada, misalnya badan penyantun Puskesmas, konsil kesehatan masyarakat dan forum-forum komunikasi yang lain.

Elemen Penilaian

  1. Kepala Puskesmas dan Penanggungjawab Program/Upaya Puskesmas menyusun kerangka acuan untuk memperoleh umpan balik dari masyarakat dan sasaran program tentang pelaksanaan kegiatan program.
  2. Hasil identifikasi umpan balik didokumentasikan dan dianalisis.
  3. Dilakukan pembahasan terhadap umpan balik dari masyarakat maupun sasaran program oleh Kepala Puskesmas, Penanggungjawab Program/Upaya Puskesmas, pelaksana program, lintas program, dan jika diperlukan dengan lintas sector terkait.
  4. Hasil identifikasi digunakan untuk perbaikan rencana dan/atau pelaksanaan kegiatan program.
  5. Dilakukan tindak lanjut dan evaluasi terhadap perbaikan rencana maupun pelaksanaan program.

Kriteria : 4.1.3. Penanggungjawab Program/Upaya Puskesmas mengidentifikasi dan menanggapi peluang inovatif perbaikan penyelenggaraan pelayanan program

Maksud dan Tujuan :

  • Sesuai dengan perkembangan kebutuhan dan harapan masyarakat, perubahan regulasi, perkembangan teknolgi, maka dapat dilakukan upaya-upaya inovatif untuk memperbaiki perencanaan maupun pelaksanaan program.
  • Usulan-usulan inovatif untuk perbaikan program dapat diperoleh melalui masukan dari masyarakat , tokoh masyarakat, forum-forum komunikasi dengan masyarakat, lintas program maupun lintas sector terkait.

Elemen Penilaian

  1. Kepala Puskesmas, Penanggungjawab Program/Upaya Puskesmas, dan pelaksana program mengidentifikasi permasalahan dalam pelaksanaan kegiatan program, perubahan regulasi, pengembangan tehnologi, perubahan pedoman/acuan program
  2. Kepala Puskesmas, Penanggungjawab Program/Upaya Puskesmas, dan pelaksana program melakukan identifikasi peluang-peluang inovatif untuk perbaikan pelaksanaan kegiatan program untuk mengatasi permasalah tersebut maupun untuk menyesuaikan dengan perkembangan tehnologi, regulasi, maupun pedoman/acuan program.
  3. Peluang inovatif untuk perbaikan dibahas melalui forum-forum komunikasi atau pertemuan pembahasan dengan masyarakat, sasaran program, lintas program dan lintas sector terkait
  4. Inovasi dalam pelaksanaan kegiatan program direncanakan, dilaksanakan, dan dievaluasi.
  5. Hasil pelaksanaan dan evaluasi terhadap inovasi kegiatan dikomunikasikan kepada lintas program, lintas sector terkait, dan Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota





Standar : 4.2. Akses masyarakat dan sasaran program terhadap kegiatan program
Penanggungjawab Program/Upaya Puskesmas memastikan pelaksanaan kegiatan program secara professional dan tepat waktu, tepat sasaran sesuai dengan tujuan program, kebutuhan dan harapan masyarakat

Kriteria : 4.2.1. Pelaksanaan Program dilaksanakan dengan memperhatikan kebutuhan dan harapan masyarakat, kelompok masyarakat, maupun individu yang menjadi sasaran program.

Maksud dan Tujuan :

  • Agar tujuan program tercapai dan pelaksanaan kegiatan program dapat memenuhi harapan dan kebutuhan masyarakat, maka kepala Puskesmas, Penanggungjawab program, dan pelaksana program melaksanakan kegiatan sesuai dengan pedoman dan rencana kegiatan yang telah disusun berdasarkan kebutuhan dan harapan masyarakat atau sasaran program.
  • Kepala Puskesmas dan Penanggungjawab Program/Upaya Puskesmas memastikan jadual kegiatan, petugas pelaksana yang kompeten untuk melaksanakan, dan proses pelaksanaan kegiatan sesuai dengan harapan dan kebutuhan masyarakat.
  • Agar kegiatan program dapat dilaksanakan dengan baik, tujuan, langkah-langkah kegiatan program, dan jadual kegiatan perlu diinformasikan kepada masyarakat, kelompok masyarakat, maupun individu yang menjadi sasaran program.

Elemen Penilaian

  1. Jadual pelaksanaan kegiatan program ditetapkan sesuai dengan rencana
  2. Pelaksanaan kegiatan progam dilakukan oleh pelaksana yang kompeten.
  3. Jadual dan pelaksanaan kegiatan diinformasikan kepada sasaran program
  4. Pelaksanaan kegiatan program sesuai dengan jadual yang ditetapkan
  5. Dilakukan evaluasi, dan tindak lanjut terhadap pelaksanaan kegiatan program

Kriteria : 4.2.2. Masyarakat, kelompok masyarakat, individu yang menjadi sasaran program, lintas program, dan lintas sector terkait mendapatkan akses informasi yang jelas tentang kegiatan-kegiatan program, tujuan, tahapan, dan jadual pelaksanaan program.

Maksud dan Tujuan :

  • Masyarakat, kelompok masyarakat, individu yang menjadi sasaran program perlu mendapatkan informasi tentang kegiatan-kegiatan program, tujuan, tahapan dan jadual pelaksanaan, sehingga dapat menyesuaikan dengan kebutuhan dan harapan mereka, dan menjamin pelaksanaan kegiatan tepat sasaran dan tepat waktu.
  • Lintas program dan lintas sector terkait juga perlu mendapatkan informasi tentang kegiatan program, tujuan, pentahapan, dan jadual kegiatan, sehingga dapat memberikan kontribusi yang optimal dalam pencapaian tujuan program.

Elemen Penilaian

  1. Informasi tentang kegiatan program disampaikan kepada masyarakat, kelompok masyarakat, individu yang menjadi sasaran program
  2. Informasi tentang kegiatan program disampaikan kepada lintas program terkait
  3. Informasi tentang kegiatan program disampiakan kepada lintas sector terkait
  4. Dilakukan evaluasi terhadap kejelasan informasi yang disampaikan kepada sasaran program, lintas program, dan lintas sector terkait
  5. Dilakukan tindak lanjut terhadap evaluasi penyampaian informasi.

Kriteria : 4.2.3. Sasaran Program memperoleh akses yang mudah untuk berperan aktif pada saat pelaksanaan kegiatan program tepat waktu

Maksud dan Tujuan :

Keberhasil program tergantung pada peran aktif masyarakat, kelompok masyarakat, individu yang menjadi sasaran program. Pengelola dan pelaksanan kegiatan program mengupayakan kemudahan bagi sasaran program untuk mengakses dengan mudah informasi tentang kegiatan program, maupun untuk berperan aktif dalam pelaksanaan kegiatan program, dan memberikan umpan balik tentang pelaksanaan kegiatan program

Elemen Penilaian

  1. Penanggungjawab dan pelaksana program memastikan waktu dan tempat pelaksanaan kegiatan program yang mudah diakses oleh masyarakat
  2. Pelaksanaan kegiatan program dilakukan dengan metoda dan tehnologi yang dikenal oleh masyarakat atau sasaran program.
  3. Alur atau tahapan kegiatan program dikomunikasi dengan jelas kepada masyarakat
  4. Dilakukan evaluasi terhadap akses masyarakat dan/atau sasaran program terhadap kegiatan program
  5. Dilakukan tindak lanjut terhadap evaluai akses masyarakat dan/atau sasaran program terhadap kegiatan program.
  6. Informasi yang jelas kepada masyarakat dan/atau sasaran program dilakukan jika terjadi perubahan waktu dan tempat pelaksanaan kegiatan pengelola dan pelaksana program memberikan kemudahan bagi masyarakat atau sasaran program untuk memperoleh pelayanan tersebut.

Kriteria : 4.2.4. Penjadualan pelaksanaan pelayanan program disepakati bersama dengan memperhatikan masukan pelanggan dan dilaksanakan tepat waktu sesuai dengan rencana.

Maksud dan Tujuan :

Waktu dan tempat pelaksanaan kegiatan program perlu disepakai bersama oleh Penanggungjawab, pelaksana, sasaran program, lintas program, dan lintas sector terkait untuk menjamin program dilakukan tepat sasaran dan tepat waktu, dan tidak terjadi konflik diantara pengelola, pelaksana, sasaran program, lintas program dan lintas sector terkait.

Elemen Penilaian

  1. Kepala Puskesmas menetapkan cara untuk menyepakati waktu dan tempat pelaksanaan kegiatan program dengan masyarakat dan/atau sasaran program
  2. Kepala Puskesmas menetapkan cara untuk menyepakati waktu dan tempat pelaksanaan kegiatan dengan lintas program dan lintas sektor terkait.
  3. Penanggungjawab Program/Upaya Puskesmas memonitor pelaksanaan kegiatan program tepat waktu, tetpat sasaran dan sesuai dengan tempat yang direncanakan
  4. Penanggungjawab program melakukan evaluasi terhadap ketepata waktu, ketepatan sasaran dan tempat pelaksanaan.
  5. Pengelola dan pelaksana program menindaklanjuti hasil evalausi.

Kriteria : 4.2.5. Kepala Puskesmas dan Penanggungjawab Program/Upaya Puskesmas melakukan kajian terhadap permasalahan dan hambatan dalam pelaksanaan kegiatan program.

Maksud dan Tujuan :

Dalam pelaksanaan kegiatan program dapat terjadi ketidak tepatan waktu, ketepatan sasaran, maupun tidak tercapainya target kinerja yang diharapkan, oleh karena itu kepala Puskesmas dan Penanggungjawab program perlu melakukan kajian terhadap permasalahan dan hambatan dalam pelaksanaan kegiatan program, dan melakukan upaya tindak lanjut untuk mengatasi.

Elemen Penilaian

  1. Kepala Puskesmas, Penanggungjawab Program/Upaya Puskesmas, dan pelaksana program mengidentifikasi permasalahan dan hambatan dalam pelaksanaan kegiatan program
  2. Kepala Puskesmas, Penanggungjawab Program/Upaya Puskesmas, dan pelaksana program melakukan analisis terhadap permasalahan dan hambatan dalam pelaksanaan program
  3. Penanggungjawab program dan pelaksana program merencanakan tindak lanjut untuk mengatasi masalah dan hambatan dalam pelaksanaan kegiatan program
  4. Penanggungjawab Program/Upaya Puskesmas dan pelaksana program melaksanakan tindak lanjut
  5. Penanggungjawab Program/Upaya Puskesmas dan pelaksana program mengevaluasi keberhasilan tindak lanjut yang dilakukan.

Kriteria : 4.2.6. Ada umpan balik dan tindak lanjut terhadap keluhan masyarakat, kelompok masyarakat, individu yang menjadi sasaran program.

Maksud dan Tujuan :

  • Umpan balik yang berupa kepuasan maupun ketidak puasan sasaran program yang berupa keluhan diperlukan untuk melakukan perbaikan baik dalam pengelolaan maupun pelaksanaan program agar sesuai dengan kebutuhan dan harapan masyarakat atau sasaran program.
  • Keluhan masyarakat atau sasaran program dapat diperoleh secara pasif, yaitu masyarakat atau sasaran program menyampaikan langsung dengan kehendak sendiri kepada kepala Puskesmas, Penanggungjawab program, atau pelaksana program, ataupun secara aktif dilakukan oleh Puskesmas.
  • Tata cara untuk memperoleh keluhan masyarakat atau sasaran program dapat dilakukan dengan menyediakan media komunikasi untuk menerima keluhan, misalnya melalui sms, kotak saran, pertemuan dengan tokoh masyarakat maupun forum-forum komunikasi dengan masyarakat.
  • Tindak lanjut dilakukan secara rasional sesuai dengan ketersediaan sumber daya yang ada di Puskesmas.

Elemen Penilaian

  1. Kepala Puskesmas menetapkan media komunikasi untuk menangkap keluhan masyarakat atau sasaran program
  2. Kepala Puskesmas menetapkan media komunikasi untuk memberikan umpan balik terhadap keluhan yang disampaikan
  3. Kepala Puskesmas, Penanggungjawab Program/Upaya Puskesmas dan pelaksana program melakukan analisis terhadap keluhan
  4. Kepala Puskesmas, Penanggungjawab Program/Upaya Puskesmas, dan pelaksana program melakukan tindak lanjut terhadap keluhan
  5. Kepala Puskesmas, Penanggungjawab Program/Upaya Puskesmas, dan pelaksana program memberikan informasi umpan balik kepada masyarakat atau sasaran program tentang tindak lanjut yang telah dilakukan untuk menanggapi keluhan.





Standar : 4.3. Kepala Puskesmas dan Penanggungjawab Program/Upaya Puskesmas melakukan evaluasi terhadap kinerja pelaksanaan program dalam mencapai tujuan program dan memenuhi kebutuhan dan harapan masyarakat atau sasaran program

Kriteria : 4.3.1. Kinerja program dievaluasi dan dianalisis, serta ditindak lanjuti sebagai bahan untuk perbaikan.

Maksud dan Tujuan :

  • Untuk menilai apakah pelaksanaan program mencapai tujuan yang diharapkan dan apakah sesuai dengan kebutuhan dan harapan masyarakat atau sasaran program perlu dilakukan evaluasi terhadap pelaksanaan kegiatan program
  • Evaluasi dilakukan dengan adanya indicator-indikator serta target-target pencapaian yang jelas.
  • Hasil evaluasi ditindak lanjuti dalam bentuk perbaikan-perbaikan dalam pengelolaan maupun pelaksanaan kegiatan program.
  • Indikator dan target yang harus dicapai ditetapkan berdasarkan pedoman program
  • Evaluasi meliputi pengumpulan, pengolahan dan, analisis data terhadap indikator kinerja program

Elemen Penilaian

  1. Kepala Puskesmas menetapkan indikator dan target pencapaian program berdasarkan acuan pedoman progrm,
  2. Penanggungjawab Program/Upaya Puskesmas dan pelaksana program mengumpulkan data berdasarkan indikator yang ditetapkan
  3. Kepala Puskesmas, Penanggungjawab Program/Upaya Puskesmas, dan pelaksana program melakukan analisis terhadap capaian indikator-indikator yang telah ditetapkan
  4. Kepala Puskesmas, Penanggungjawab Program/Upaya Puskesmas, dan pelaksana program menindaklanjuti hasil analisis dalam bentuk upaya-upaya perbaikan
  5. Hasil analisis dan tindak lanjut didokumentasikan.