KLIK IKLAN YA! Donasi Pembiayaan Hosting

Apa itu Kedokteran Geriatri: Definisi dan Gambaran Umum

sumber : https://www.docdoc.com/id/info/specialty/geriatri

Apa itu Kedokteran Geriatri?

Disebut juga sebagai perawatan geriatri atau lanjut usia, kedokteran geriatri merupakan subspesialisasi kedokteran yang bertujuan untuk melayani keperluan khusus untuk pasien lanjut usia.

Kedokteran geriatri tercakup dalam kedokteran umum, namun lebih sering diasosiasikan dengan kedokteran penyakit dalam, yaitu cabang kedokteran yang dikhususkan untuk menangani orang dewasa. Cabang kedokteran lainnya yang memiliki subspesialisasi geriatri contohnya adalah pada cabang ilmu kedokteran kulit.

Kedokteran geriatri kadang-kadang tertukar dengan gerontologi. Walaupun keduanya berhubungan dengan penuaan, kedokteran geriatri mengacu pada pelayanan kepada manusia lanjut usia, sedangkan gerontologi merupakan ilmu yang mempelajari proses penuaan.

Kebutuhan kesehatan tubuh manusia beragam sesuai dengan perbedaan tahap dalam hidup, karena banyak perubahan fisiologis yang dapat terjadi. Contohnya, bayi dikenal dengan kulitnya yang lembut dan halus. Ketika mereka mencapai masa remaja, hormon akan membuat mereka rentan terhadap masalah kulit seperti jerawat. Masalah ini dapat berlanjut sampai masa awal kedewasaan. Ketika mereka mencapai masa tua, tantangan yang dihadapi adalah bagaimana cara meningkatkan produksi kolagen yang turun secara signifikan, sehingga kulit menjadi turun dan kendur.

Selain itu, terdapat pula masalah obesitas. Secara umum, orang pada usia muda dapat lebih cepat menurunkan berat badan daripada yang berusia lanjut karena terjadi penurunan metabolisme. Obesitas merupakan pandemi yang meningkatkan risiko diabetes tipe 2, gangguan kardiovaskular, dan beberapa tipe kanker.

Dokter umum dan spesialis penyakit dalam dapat memberikan keperluan medis untuk orang berusia lanjut sesuai dengan pelatihan dan pengalaman yang telah mereka miliki. Namun, ketika masalah tersebut terlalu kompleks, mendalam, dan sulit, tidak jarang dokter-dokter ini merujuk pasien kepada dokter spesialis, yang terkadang disebut sebagai ahli geriatri.

Pelatihan ahli geriatri melanjutkan pelatihan dari dokter umum dan spesialis penyakit dalam. Mereka mendapatkan pendidikan sarjana 4 tahun, yang tidak harus berhubungan dengan spesialisasi tersebut. Lalu, mereka akan mengambil 4 tahun pendidikan sekolah kedokteran, dan setelahnya ia akan mendapatkan surat izin praktik kedokteran yang diperlukan di semua negara dan daerah. Langkah selanjutnya adalah pendidikan spesialis/residensi yang lamanya kira-kira 3 tahun. Untuk menjadi ahli dalam kedokteran geriatri, diperlukan setidaknya 1 atau 2 tahun pelatihan kedokteran.

Ahli geriatri bekerja pada kondisi yang berbeda. Mereka dapat bekerja pada fasilitas pelayanan kesehatan seperti rumah sakit dan klinik. Mereka juga aktif dalam komunitas kesehatan, termasuk dalam panti kesehatan dan panti jompo. Beberapa dari ahli geriatri melakukan riset dan bekerja di laboratorium untuk mempelajari ilmu dan tindakan anti-penuaan.

Kapan untuk menemui Ahli Geriatri

Pasien perlu menemui ahli geriatri apabila:

  • Pasien sudah lanjut usia, yang usia minimalnya berbeda-beda di tiap negara – Di Amerika Serikat, sesorang dikatakan lanjut usia apabila telah mencapai usia 60 tahun, walaupun beberapa orang berpikir usia batas tersebut adalah 65 tahun. Beberapa orang lanjut usia dapat mencapai usia ini dengan kondisi kesehatan yang baik. Kedokteran geriatri memastikan mereka dapat mempertahankan kondisi kesehatan yang baik selama mungkin.
  • Pasien memiliki penyakit kompleks – Tidak jarang pasien lanjut usia mengalami berbagai macam penyakit dalam kurun waktu yang sama, terutama jika mereka telah didiagnosis dengan salah satu penyakit tersebut sebelum memasuki usia senior. Hal ini dapat pula terjadi karena kondisi tubuh yang menurun secara bertahap. Misalnya, pasien yang telah didiagnosis dengan diabetes tipe 2 akhirnya akan mengalami gangguan ginjal atau retinopati diabetik pada usia lanjut.
  • Pasien mengonsumsi terlalu banyak obat – Jika pasien memiliki bermacam-macam penyakit, maka akan terdapat banyak pula obat yang harus diambil. Ahli geriatri memastikan tiap obat sebisa mungkin tidak saling memiliki kontraindikasi dan membuat pengobatan pasien lebih sederhana dan mudah diingat. Ahli geriatri juga akan memantau konsumsi obat dan menganjurkan terapi yang dapat membuat tindakan medis lebih nyaman.
  • Pasien rentan mengalami penyakit yang berhubungan dengan usia lanjut – Beberapa kondisi dapat terjadi atau menjadi semakin parah ketika pasien mencapai usia tua. Contohnya, degenerasi makular, yang dapat menyebabkan hilangnya penglihatan, hampir selalu terjadi pada usia tua. Risiko mengalami kanker juga meningkat seiring penuaan karena berbagai kemungkinan mutasi genetik. Ahli geriatri memantau kesehatan pasien melalui tes skiring dan pengecekan fisik tahunan.
  • Pasien membutuhkan pertolongan orang lain – Ahli geriatri tidak hanya bekerja untuk kesehatan fisik pasien. Mereka juga turut meciptakan hubungan sosial yang sehat, meningkatkan kemampuan kognitif, serta membantu pasien agar bisa semandiri mungkin. Disamping itu, mereka juga menyediakan bantuan untuk keperluan hukum, seperti menuliskan wasiat atau memilih perawat.

Rujukan:

  • http://www.seniorcareofcolorado.com/index.php?option=com_content&view=category&layout=blog&id=8&Itemid=19
  • https://www.acponline.org/patients_families/about_internal_medicine/subspecialties/geriatrics/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DOWNLOAD Assesmen versi 2018 Klik Disini !
DOWNLOAD Assesmen versi 2018 Klik Disini !